Guru: Desain Program Guru Dalam Zonasi

Hallo brow, Assalamualaikum, salam sejahtera untuk kita semua.
Yuk, pada kesempatan kali ini kita akan membahas isu zonasi ya? zonasi mulai dilaksanakan pada saat PPDB mulai tahun kemarin dimana untuk menerima peserta didik berdasarkan wilayah sekolah tersebut. Tujuanya apa yaitu agar terjadi pemerataan di semua lini, baik itu prestasi, fasilitas maupun sumberdayanya. 

Ok brow pada artikel ini coba akan saya jelaskan sedikit mengenai desain program guru zonasi berdasarkan apa yang saya tahu ya bro? jika ada kekurangan maupun masukan silahkan disampaikan dikolom komentar. ok?

Terkait dengan peningkatan kompetensi guru ini brow, Ditjen GTK akan menerapkan metode pelatihan guru yang menggunakan metode MGMP,  tetapi beda dari cala pelaksanaanya, perbedanya dimana? perbedaanya terletak pada skema pelatihanya. untuk pelatihan terdahulu adalah guru-guru diberi paparan teoritis bersifat searah. Setelah itu, mereka kembali ke skolah masing-masing tanpa ada pengawasan lanjutan mengenai penerapan dan keberhasilan pelatihan.

Pelatihan baru ini menggunakan pendekatan berbagai masalah zonasi masing-masing, Pada pertemuan pertama guru mendiskusikan masalah yang dialami dan mencari jalan keluar. Berdasarkan jalan keluar itu, mereka membuat rencana pelaksanaan pembelajaran untuk mata pelajaran yang diampu dan langsung diterapkan di sekolah. Di pertemuan berikutnya mereka membahas evaluasi mingguan dari penerapan tersebut.

Ok brow, lanjut ya? Selain itu di MGMP, guru akan mendapatkan hasil analisa terhadap capaian skor Ujian Nasional dari peserta didik. Guru bisa melihat pada soal nomor berapa yang peserta didiknya mengalami kesulitan, kemudian guru mengambil materinya daengan melihat unit pembelajaranya. nha disitulah dengan MGMP yang dilaksanakan dengan sistem in, on, in, on yang setara dengan 82 jam pelajaran atau terangkul dengan 2 kredit. Harapanya dengan pendekatan MGMP bisa menjadi solusi para guru untuk meningkatkan mutu, kompetensinya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Ok brow, untuk lebih memahaminya silahkan simak tabel saya berikut ini


yaps, demikian tadi artikel saya mengenai desain Program guru dalam zonasi, apa saja yang perlu disiapkan dan perlu dikerjakan. silahkan dicermati sendiri ya brow. hehe. saya belum berani mengupasnya secara lebih lanjut namun jika ada yang perlu didiskusikan sampaikan di komentar.

Wallohu a'lam bi shawab
Terimakasi Wassalamualaikum wr. wb



Post a Comment

0 Comments