Cara Input Nomor Sertifikat Pendidik di Aplikasi Dapodik Terbaru

Bapak/ ibu banyak pertanyaan yang masuk kepada saya baik melaui email maupun media sosial terkait bagaimana caranya memasukkan nomor sertifikat pendidik pada aplikasi dapodik. 

Banyak yang mengeluhkan tidak bisa input, menu tambah tidak ada dll.

Berdasarkan Pengalaman saya, pribadi (foto menyusul) sangatlah mudah untuk memasukkan nomor sertifikat pendidik pada menu sertifikasi di aplikasi dapodik. Lantas caranya bagaimana: berikut penjelasanya.

Dapodik 2020 sudah memanfaatkan akun masing-masing PTK untuk mengakses dapodik, akun tersebut digunakan oleh yang bersangkutan untuk merubah data dirinya sendiri. jadi operator tidak bisa merubah data yang bersangkutan. kecuali jika mempunyai akun PTK tersebut.

Nhah begitupun juga untuk input nomor serdik pada aplikasi dapodik, Operator sebenarnya tidak bisa untuk menginputkan data, yang berhak input data adalah PTK itu sendiri atau yang bersangkutan menggunakan akun dapodik yang sudah dibuat sebelumnya oleh operator sekolah.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut


  1. Silahkan buka aplikasi Dapodik 2020, minta bantuan operator
  2. Silahkan Login menggunakan akun PTK masing-masing, bukan akun operator dapodik maupun akun sekolah
  3. Buka Tab GTK kemudian klik menu tab ubah pada namaa GTK yang bersangkutan
  4. Setelah kolom perubahan data terbuka, masuk pada menu sertifikasi, kemudaian tambahkan nomor sertifikat pendidik anda dengan klik menu tambah.
  5. Masukkan data yang diperlukan (NRG Bisa menyusul) kemudian klik Simpan
  6. Selesai
  7. Minta operator untuk mengecek menggunakan akun operator sekolah dan minta sekaligus untuk singkron.
Demikian langkah-langkah ataupun caranya untuk input Nomor Sertifikat Pendidik pada aplikasi dapodik. Semoga memebantu. Terimakasih

Post a Comment

2 Comments