Kupas Tuntas PPG 2019: Berapa Lamakah PPG 2019 dan Apa Saja Kegiatan PPG?


Hai Apa Kabar penggiat pendidikan, Pendidik di Indonesia. Semangat terus..

Kali ini saya akan berbagi mengenai pembagian waktu PPG 2019 yang saya alami sekaligus kegiatan yang dilaksanakan selama saya mengikuti program PPG 2019 ini. Yuk Simak

Saya PPG dijadwalkan untuk mengikuti pada gelombang satu. di jadwal yang dicantumkan dalam website resminya sergur.id saya berangkat mulai dari sampai dengan pelaksanaan sekitar 6 Bulan.

Nih kita lihat jadwal aslinya ya, sembari saya jelaskan:

Gambar. Jadwal PPG 2019 Angkatan 1

YUK, Bapak/ Ibu angkatan kalau kita lihat PPG dimulai dari bulan Januari. Terdiri dai konfirmasi kesediaan sampai dengan daring dilaksanakan pada bulan itu ya. sampai februari. Berarti total ada 2 bulan ya mulai dari konfirmasi kesediaan sampai dengan daring. Lantas apa yang kita lakukan pada 2 bulan itu:

Kegiatan Sebelum Lokakarya (Januari- Februari)
  • Konfirmasi Kesediaan
  • Cetak Fakta Integritas dan Form A1
  • Pembekalan Daring (Menyesuaikan jadwal LPTK)
  • Daring
Kegiatan Setelah Daring
Kegiatan setelah daring ini kita menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa saat Lokakarya, tentunya setelah dinyatakan LULUS Daring ya?.

yuk ketika sudah LULUS, apa yang perlu disiapkan? yaitu seperti dibawah ini.
  • Lapor diri (Membawa Form A1 dan Foto Diri, serta mengisi blangko yang sudah disediakan oleh LPTK
  • Membuka Rekening Tabungan yang telah ditunjuk LPTK
  • Persiapan Orientasi
Kegiatan Orientasi
Kegitana orientasi adalah kegiatan pengenalan yang dilakukan oleh LPTK, kegiatan ini berisi tentang pengenalan lingkungan kampus, serta penjelasan mengenai agenda-agenda yang diwajibkan dilaksanakan oleh peserta PPG. Kegiatan orientasi ini biasanya dilaksanakan satu hari sebelum dimulainya lokakarya (workshop).

Kegiatan Workshop (Lokakarya)
Kegiatan workhsop ini adalah kegiatan inti dari PPG dimana dalam kegiatan ini terdapat kegiatan yang sangat penting untuk menentukan kelulusan peserta PPG yaitu Uji Kinerja (UKIN) dan Uji Profesionalisme (UP).
Kegiatan worksop dilaksanakan lebih kuran 2 bulan. didalamnya terdapat serangkaian kegiatan diantaranya adalah
  • Pembahasan Daring
  • Penyusunan Perangkat Pembelajaran
  • Silabus
  • Rpp
  • Prota
  • Promes
  • PTK
  • PPL
Yaps. Berikut tadi adalah kegiatan yang dilaksanakan selama mengikuti serangkaian proses PPG baik Daljab maupun Prajab. barangkali beberapa angkatan atau gelombang berbeda jadwalnya namun inti kegiatan tetap sama.

Sedikit tips dari saya, Kegiatan PPG yang terasa berat namun jalani terus dengan ikhlas karena waktu yang berjalan tidak akan terasa tiba-tiba selesai.

Bapak/ibu pembaca blog saya yang baik. demikian tadi gambaran serangkaian jadwal dan kegiatan PPG yang bisa saya sampaikan. ada kurangnya saya mohon maaf.

Terimakasih. Salam

Post a Comment

0 Comments