Dapodik 2020: Rombel Dapodik Ganda, Berikut Solusinya


Selamat pagi bapak ibu guru operator dapodik yang berbahagia, ada beberapa permasalahan yang timbul ketika saya menginstall aplikasi dapodik versi baru, versi 2020, diawali dari dengan rombel yang tidak bisa saya singkronkan, singkron berhasil tetapi tidak sukses dan data tidak bisa terkirim ke server. bingung juga akhirnya aplikasi saya uninstall kemudian saya install kembali dan berhasil namun ketika sudah saya install muncul permasalahan lain yaitu terdeteksi rombel saya ganda, yaitu kelas 3 dan kelas 6 ada dua rombel, padahal aslinya hanya satu. Wow ngeri bukan, terlebih lagi wali kelas nya juga 2 dengan nama guru yang sama.

Lantas bagaimana penyelesaianya? Berikut saya jelaskan langkah-langkah saya untuk menangani masalah tersebut. yang saya jabarkan sebagai berikut

  1. Pastikan anda menginstall dan Regristasi dapodik anda secara online, jangan offline, kenapa kok jangan offline karena saya melakukanya online jadi kalau offline saya belum tahu solusinya, hehe
  2. setelah berhasil masuk ke aplikasi buka Rombel, jika tampilanya ganda seperti foto saya diatas ikuti langkah selanjutnya
  3. klik hapus, maka akan muncul pemberitahuan yang akan dihapus, maka hapus data yang dimaksud hingga datanya menjadi 0
  4. masuk ke menu pembelajaran, hapus pembelajaran.
  5. ulangi langkah pada nomor 3, jika semua data sudah 0 berarti rombel tersebut siap dihapus,
  6. Penghapusan rombel sukses dilakukan
  7. singkron ulang, maka tampilanya akan menjadi seperti ini
Jika ada kesulitaan saya membuka konsultasi dapodik ini melalui Grub WA, untuk sharing sesama operator, silahkan klik link Gabung Grub WA dibawah ini 


Post a Comment

2 Comments

  1. Bagaimana jika rombel tersebut sdh memiliki anggota rombel? apa juga seperti itu caranya? Makasih.

    ReplyDelete
  2. iya, anggota rombelnya dikeluarkan terlebih dahulu bu, sampai datanya benar-benar kosong

    ReplyDelete